11 Film Inspirasi Buat Para Entrepreneur

0
16

11 Film Inspirasi Buat Para Enterpreneur

Banyak orang sukses di dunia ini. Baik yang sukses karena warisan orang tua maupun karena usaha dan kerja keras dari diri sendiri. Apapun itu penyebabnya, sebagai orang sukses, kamu tidak boleh kikir dan harus bermanfaat bagi orang lain.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh pemula dalam merintis bisnisnya sebagai seorang entrepreneur. Kamu bisa belajar dari buku, kisah inspiratif, bertanya langsung kepada orang yang sukses, bahkan menonton filmnya.

Nah berikut ini 11 film untuk kamu yang terinspirasi untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

1. Startup.com (2001)

Film dokumenter berdurasi 107 menit ini bercerita tentang bagaimana pembangunan sebuah startup yang bernama govWorks.com. Kaleil Isaza Tuzman dan Tom Herman adalah 2 orang yang bersahabat sejak berumur 15 tahun dan bercita-cita menjadi orang sukses dan bergelimang jutaan dollar dengan cara instan.

Film ini cocok buatmu yang bercita-cita menjadi pendiri startup seperti mereka. Terlihat bahwa cita-cita dan semangat dari 2 orang anak muda akhirnya menjadi nyata. Film ini disutradarai oleh Jehane Noujaim dan Chris Hegedus.

2. Catch Me If You Can (2002)

Film ini terinspirasi dari biografi Frank Abagnale Jr. Dia adalah penjahat kelas kakap yang berhasil menggelapkan uang jutaan dollar saat baru berusia 19 tahun. Pekerjaan yang dilakukannya yaitu menyamar sebagai pilot Pan American World Airways, dokter dari Georgia, pengacara dari Lousiana dan parish prosecutor.

Bagi kamu yang tidak menyukai kesuksesan dengan cara kotor mungkin film ini terlihat aneh. Namun, kamu bisa mengambil manfaat positifnya dari film ini salah satunya yaitu berjuanglah untuk sukses dengan cara yang baik. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg.

3. Lord of War (2005)

Bagi kamu yang terlalu baik, mungkin film ini bisa mengingatkanmu bahwa tidak semua orang di dunia ini baik. Tak sedikit pula orang-orang jahat yang ingin selalu menjatuhkan kita. Film ini bercerita bahwa Yuri, seorang pebisnis senjata gelap berusaha untuk bekerja sama dengan rekan bisnisnya.

Namun, tak disangka ternyata rekan bisnisnya tersebut adalah orang yang jahat dan tak bisa diajak kerjasama. Hal inilah yang meruntuhkan bisnis Yuri. Padahal mereka kenal baik satu sama lain.

4. Wall Street (2010)

Betapa kejamnya dunia bisnis mungkin bisa mendeskripsikan seluruh isi film ini. Gordon, seorang pebisnis yang sukses terpaksa menghabiskan banyak waktunya di penjara karena masalah pembunuhan. Saat ia keluar dari penjara, tak ada yang mau menjadi rekan bisnisnya lagi, bahkan seluruh temannya tiba-tiba menjadi pura-pura tidak kenal dengannya.

Bukan itu saja, hubungannya dengan putri semata wayangnya juga memburuk karena masalah ini. Jelas bahwa seluruh rekan bisnisnya hanya memanfaatkan uang dan bisnis Gordon, namun tidak mau membantunya disaat dia mengalami masa-masa sulit.

5. Rogue Trader (1999)

Ini adalah kisah nyata seorang trader muda, Nick Leeson. Ya dia baru berusia 28 tahun dan membuat bangkrut sebuah bank. Hal tak lazim lainnya yaitu dia juga melakukan penipuan terhadap banyak bank dan membuatnya dipenjara. Bayangkan saja, di usia semuda itu dia sudah merugikan bank-bank swasta sebanyak USD 1,4 miliar.

6. Fyre (2019)

Film ini adalah film dokumenter yang menceritakan tentang betapa acara festival musik yang indah saat diekspektasikan ternyata berbeda 180 derajat dengan realita yang ada. Dalam brosur festival tersebut tertulis bahwa akan disediakan makanan, penginapan serta transportasi.

Setelah membayar mahal, jangankan makanan lezat, penginapan yang disediakan juga hanyalah tenda-tenda yang jika diterpa hujan akan segera basah dan tumbang. Perlu diketahui bahwa ini adalah salah satu strategi licik penjualan tiket konser festival musik yang ada di beberapa negara. Kamu wajib menontonnya sebagai pelajaran.

7. 12 Angry Men (1957)

Film yang dibintangi dan diproduseri oleh Henry Fonda ini termasuk film luar biasa pada zamannya. Film yang mengisahkan tentang 12 pria yang mengintrogasi seorang anak yang dituduh sebagai pembunuh ayahnya ini menampilkan dialog-dialog yang sangat emosional. Dalam kemasan film hitam putih, film ini bisa laris pada zamannya karena keunikannya tersebut.

8. Office Space (1999)

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Mike Judge. Beberapa artis terkenal membintangi film ini, seperti Jennifer Aniston. Film ini mengisahkan bagaimana suka duka menjadi karyawan. Menghadapi hari-hari di lingkup kantor, mengatasi atasan yang egois dan pemarah, juga bagaimana menghadapi semua itu bersama rekan-rekan kantor yang kompak.

Dalam film ini ditampilkan bagaimana frustasinya para karyawan yang selalu over-load jam kerjanya dan seabrek beban kantor yang diberikan kepada mereka. Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan kantor, film ini cocok buatmu untuk mengenang kesamaan kondisimu dengan mereka.

9. Moneyball (2011)

Film yang dibintangi oleh Brad Pitt sebagai tokoh utamanya ini menceritakan tentang manajer Baseball, Oackland Athletics yang sedang kehilangan masa kejayaannya. Dengan bantuan seorang teman yang baik hati, tim baseball ini bisa mendulang kejayaan walaupun awalnya terseok-seok mengejar ketertinggalannya.

Poin yang bisa kamu ambil dalam film ini adalah rekrutlah orang yang mau dan setia menemanimu sejak dari nol hingga kamu berjaya. Jangan hanya berteman dengan orang yang ingin kaya atau jaya-mu saja. Orang-orang seperti inilah yang malah akan menjatuhkanmu tanpa kamu ketahui.

10. The Founder (2016)

Film ini mengisahkan bagaimana para penemu bisnis McDonald’s, Mac dan Dick memulai usahanya dari nol. Mereka yang bekerja sebagai pembuat milkshake merasa kurang puas dengan pendapatannya. Beruntungnya mereka tidak saling menjatuhkan, namun saling mendukung demi keberhasilan restaurant baru mereka ini.

Hingga kini, restaurant ini menjadi saingan KFC. Restaurant yang besar dan mendunia dihasilkan oleh orang-orang yang mau berusaha dengan maksimal dan berhemat, seperti mereka berdua.

11. The Social Network (2010)

Bagi kamu yang belum tau bagaimana awalnya Facebook didirikan, kamu harus nonton film ini. Bermula dari sakit hati Mark Zuckerberg yang diputusin pacarnya, dia berniat membuat website yang dapat menampilkan wajah serta nama para pengguna website pada masa itu. Dia ingin menampilkan wajah mantannya saat itu.

Awalnya Facebook diberi nama Thefacebook. Pendirian website ini menurunkan traffic website Harvard University, kampus dimana dia berkuliah. Karena hal ini pula, dia ditahan dan dihukum untuk berhenti sementara dalam masa perkuliahan.

Mark yang tidak patah semangat pun melanjutkan proses Facebook mereka hingga menjadi Facebook yang kita gunakan saat ini. Keren, bukan?

Nah, film mana saja yang sudah kamu tonton? Ayo tonton semuanya agar ke-entrepreneuran-mu semakin terasah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here