5 Alasan Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat

0
119

5 Alasan Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat

Ketika sedang bepergian, kita pasti selalu merasa bahwa perjalanan pergi lama sekali jika dibandingkan dengan perjalanan pulang. Ternyata hal ini ada fakta ilmiahnya, lho. Apa sajakah itu?

1. Sangat fokus

Saat menempuh jalan pergi ke suatu tempat tujuan kita pasti selalu berpikiran untuk berhati-hati dan takut tersesat kalau-kalau jalan itu adalah jalan yang salah. Nah, hal yang membuat kita terlalu fokus akan membosankan dan menjadikan kita berpikir bahwa perjalanan terasa lebih lama.

2. Persepsi terhadap waktu

Sama seperti terlalu fokus, kita sering berpikir bahwa kita harus sampai ke tempat tujuan dalam waktu yang secepatnya. Hal ini juga yang menjadikan kita berpikir bahwa perjalanan lebih lama.

3. Ekspektasi durasi perjalanan

Kalian pernah gak sih membayangkan perjalanan travelling akan selalu menyenangkan dan lancar-lancar saja? Tapi nyatanya tidak begitu, bukan? Kita malah menemukan fakta bahwa jalanan macet dan sungguh tidak menyenangkan.

4. Familiar

Ketika perjalanan pergi, kita selalu berusaha untuk mengingat hal-hal baru yang kita temui, mungkin jalanan yang telah berubah atau bahkan banyak pemandangan-pemandangan baru sepanjang perjalanan. Lain halnya dengan perjalanan pulang yang kita hadapi dengan cuek saja. Hal inilah yang membuat kita merasa lebih cepat sampai ke rumah kembali.

5. Return Trip Effect

Nah, ternyata fenomena yang kita alami ini dinamakan Return Trip Effect. Dengan fakta-fakta yang sudah dijelaskan di atas, ternyata fenomena ini terjadi pada semua orang yang sebenarnya hanyalah sebuah perasaan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here