5 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terakurat 2020

0
40

5 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terakurat 2020

Indonesia adalah negara yang sering kali terjadi bencana alam sperti gempa bumi. Untuk antisipasi, sudahkah kamu memiliki aplikasi yang bisa mendektesi gempa ataupun tsunami di smartphone mu?

Jika belum, kamu harus punya aplikasinya sekarang juga. Apalagi saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang dilanda berbagai bencana alam.

Dengan menginstall aplikasi semacam ini, maka kamu bisa tetap waspada dan juga dapat mendapatkan informasi terupdate tentang bencana yang sedang terjadi di Indonesia.

Datangnya bencana alam memang sulit untuk di tebak sehingga kita tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store.

1. MAGMA Indonesia

Aplikasi pendeteksi gempa pertama yang wajib kamu tahu adalah MAGMA Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim developer PNS dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM.

Informasi yang diberikan oleh aplikasi ini sangat lengkap dan akurat. Mulai dari informasi aktivitas gunung api, informasi letusan/abu vulkanik untuk penerbangan, informasi dan tanggapan gempa bumi/tsunami, dan banyak lagi.

Bukan sembarang aplikasi pendeteksi gempa biasa, MAGMA Indonesia merupakan salah satu aplikasi terbaik dan bahkan sudah mendapatkan dua penghargaan.

Pengharagaan yang pernah diraihnya yaitu Kementrian ESDM innovation Award #1 Best Application (2016) dan Kemenpan RB Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (2017).

Link : MAGMA Indonesia

2. WRS-BMKG

Aplikasi ini resmi dibuat oleh BMKG Indonesia sebagai informasi gempabumi dan tsunami yang terjadi khususnya di wilayah Indonesia. Aplikasi inipun menyediakan berbagai macam fitur seperti daftar 30 kejadian terakhir tsunami dan gempa bumi, peta guncangan, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, dan banyak lagi.

Selain itu, tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan juga membuat penggunanya nggak akan kebingungan saat mengoperasikannya.

Aplikasi WRS-BMKG sendiri cukup berbeda dari Info BMKG, di mana aplikasi ini khusus hanya untuk menyediakan informasi gempa saja.

Link: WRS-BMKG 

3. MyShake

MyShake akan mengumpulkan data berupa data seismograf atau getaran dari sensor yang ada di perangkat smartphone kamu.

Data ini kemudian dikumpulkan ke sistem yang nantinya bisa dijadikan sebagai early warning atau pemberitahuan jika terjadi gempa.

Nantinya MyShake akan memberi tahu jika lokasi di sekitar kamu akan terjadi gempa. Lewat aplikasi ini kamu juga bisa memantau titik lokasi gempa yang baru terjadi atau gempa yang terjadi dalam kurun waktu 7 hari ke belakang.

Link: MyShake 

4. Earthquakes

Menawarkan tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Bukan cuma mampu memberikan informasi gempa yang terjadi di Indonesia saja, aplikasi ini juga diklaim dapat memberikan info gempa terbaru dari seluruh dunia.

Pasalnya, aplikasi ini memiliki sebanyak 22 sumber data gempa dari berbagai negara sehingga akan sangat membantu jika kamu memiliki saudara, kerabat, atau keluarga yang tinggal di beda negara.

Sayangnya, aplikasi ini tidak dlengkapi dengan fitur pendeteksi tsunami seperti beberapa aplikasi sebelumnya.

Link: Earthquakes

5. inaRSIK Personal

Dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), inaRISK Personal merupakan aplikasi berikutnya yang Jaka rekomendasikan.

Menggunakan hasil kajian yang dibangun oleh BNPB bersama Kementrian/Lembaga terkait serta dukungan Organisasi Kebencanaan yang ada di Indonesia, aplikasi inaRSIK menawarkan fitur-fitur yang sangat komplit.

Pasalnya aplikasi ini mampu menampilkan berbagai macam informasi seputar bencana gempa, tsunami, banjir, tanah longsor, hingga letusan gunung api.

Aplikasi ini juga dibuat dengan tampilan yang begitu menarik dan sederhana sehingga akan lebih mudah untuk digunakan.

Link: inaRSIK Personal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here