5 Cara Mengatasi Penyakit Cacar

0
32

4 Cara Mengatasi Penyakit Cacar

Penyakit cacar air atau dalam istilah medis disebut varicella adalah infeksi yang disebabkan virus Varicella zoster. Penderita yang terinfeksi virus ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di seluruh tubuh. Penyakit ini cukup umum untuk menyerang kepada siapapun, jika anda terkena penyakit ini disarankan untuk istirahat total dirumah agar tidak terjangkit kepada orang lain. Berikut beberapaca cara mengatasi penyakit cacar.

  1. Jaga kebersihan tubuh

Walaupun anda terkena penyakit ini, tidak menjadi alasan untuk tidak mandi. Daya tahan tubuh yang menurun dan anda tidak mandi, kebersihan kulit akan menjadi resikonya. Dengan kondisi ini mempermudah kuman dan bakteri masuk kedalam tubuh dan bisa menyebabkan infeksi seperti, nanah yaitu berupa benjolan dan bintik-bintik.

2. Hindari keluar rumah

Penyakit cacar ini cepat sekalimenular atau terjangkit kepada orang laian, untuk menghindari menular kepada orang lain. Anda tibak boleh keluar rumah, dan istirahat lah dirumah selama penyakit cacar mengering.

3. Jangan menggaruk tubuh

Meski pun penyakit cacar ini akan terasa gatal pada tubuh anda, hindari untuk menggaruknya dengan apa pun itu. Dengan anda menggaruk penyakit cacar ini, akan menyebabkan infeksi pada kulit dan bekas luka tidak akan menghilang setelah sembuh.

4. Perkuat sistem imun tubuh

Bila seseorang terserang penyakit cacar ini, akan mengalami penurunan pada daya tahan tubuh. Maka dari itu usahakan daya tahan tubuh tetap normal kembali, caranya makan-makanan yang bergizi dan seimbang. Dan bukan itu saja, anda harus menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

5. Acyclovir

Acyclovir adalah salah obat antivirus yang digunakan untuk mengobati penyakit cacar, dengan memakan obat ini akan membantu mengurangi jumlah bentolan cacar yang ada ditunuh. Anda harus menggunakan secara rutin Acyclovir selama seminggu, agar penyakit cacar anda berkurang dan mengering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here