5 Ilmuwan Bidang Kesehatan di Dunia

0
47

5 Ilmuwan Bidang Kesehatan di Dunia

Ilmuwan sangat berjasa bagi kehidupan manusia. Di bidang kesehatan, ternyata banyak ilmuwan yang berjasa seperti di bawah ini.

1. Robert Koch, penemu penyebab tuberkulosis dan kolera

Beliau berasal dari Jerman dan lahir pada tanggal 11 Desember 1843. Koch merupakan dokter spesialis bakteriologi, dan pendiri penelitian tentang bakteri di Jerman. Robert Koch merupakan penemu penyakit antraks, tuberkulosis, dan kolera.

2. Karl Landsteiner, penemu pembagian golongan darah manusia

Karl Landsteiner lahir di Austria pada 14 Juni 1848. Beliau merupakan ilmuwan yang menemukan penggolongan darah pada manusia. Golongan darah manusia terdiri atas A, B, AB, dan O. Hal ini sangat penting dalam dunia medis, terutama dalam hal transfusi darah.

3. Jonas Salk, penemu vaksin polio

Jonas Salk berasal Amerika Serikat dan lahir pada 28 Oktober 1914. Salk adalah salah satu ilmuwan yang berkontribusi dalam menemukan vaksin pada beberapa penyakit flu. Pada 1953 ia menyuntikkan hasil karyanya tersebut ke dirinya sendiri dan akhirnya digunakan oleh jutaan anak-anak di dunia.

4. Edward Jenner, penemu vaksin cacar

Jenner adalah dokter asal Inggris  dan lahir pada 17 Mei 1749. Beliau menemukan penyakit cacar sekaligus vaksin cacar untuk pertama kalinya.

5. Jean Claude Chermann, penemu cikal bakal virus HIV/AIDS

Beliau menemukan virus ALV dan HTLV-III. Ternyata kedua virus itu merupakan virus yang sama dan penyebab utama AIDS. Pada dasarnya virus ini menyerang kekebalan tubuh manusia, sehingga manusia akan sangat rentan terserang penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here