5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak

0
37

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak

Otak merupakan organ yang sangat berharga dalam tubuh manusia. Tanpa otak, kita masih bisa hidup, namun semua organ akan terganggu. Nah, mulai sekarang sayangi otakmu dengan tidak melakukan hal-hal berikut.

1. Tidak sarapan

Tidak sarapan bisa membuat asupan darah dalam tubuhmu menurun. Selain itu, fungsi otak juga akan menurun sedikit demi sedikit. Itulah sebabnya mengapa sarapan pagi sangat dianjurkan dalam kehidupan.

2. Makan berlebihan

Selain sarapan alias makan pagi, makan yang berlebihan juga dapat mengganggu sistem otakmu yang akan membuatnya cepat rusak. Volume otak akan meningkat dan kamu akan lebih mudah erserang demensia jika memiliki kebiasaan makan yang terlalu banyak.

3. Terlalu banyak gula

Nah, untuk kamu penyuka makanan manis, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaanmu itu. Hal ini dikarenakan makanan manis akan menyebabkan penyerapan protein menjadi terganggu dan kamu akan lebih cepat ‘meruak’ otakmu mula sekarang.

4. Polusi udara

Jagalah tubuh dan pernapasanmu. Kamu harus selalu menggunakan masker kemanapun berada. Hal ini dikarenakan cuaca dan kondisi yang tercemar polusi akan lebih merusak otak dengan kotoran-kotoran tak terlihatnya itu.

5. Kurang berbicara

Jangan juga terlalu sering berbicara. Namun, jangan jadi pendiam juga. Jika kamu terus menerus menjadi pendiam, kamu harus memikirkan bahwa otakmu akan segera melambat dan menurunkan fungsi-fungsinya karena tidak dipakai untuk berbicara dan berkata spontan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here