5 Pemenang Nobel yang Ternyata Pernah Putus Sekolah

0
47

5 Pemenang Nobel yang Ternyata Pernah Putus Sekolah

Nobel adalah satu hadiah yang dapat diterima oleh seseorang yang bisa mencapai sesuatu dalam hidup mereka. Namun, ternyata pemenang nobel bukan orang yang sukses dari kecil, bahkan mereka pernah putus sekolah. Siapa sajakah itu?

1. Joseph Brodsky  

Beliau lahir pada 24 Mei 1940 di Saint Petersburg. Pada usia 15 tahun Brodsky harus putus sekolah dan mengambil berbagai pekerjaan sambilan karena pada saat itu terjadi perang dunia II. Brodsky kemudian pindah ke Amerika Serikat, tempat ia menulis sembilan volume puisinya dan menerima Nobel dalam bidang sastra pada tahun 1987.

2. Arthur Henderson

Lahir pada 13 September 1863 di Skotlandia dan keluarganya jatuh miskin sehingga membuatnya putus sekolah. Setelah putus sekolah, dia mengumpulkan pengetahuan dari pengecoran tempatnya bekerja serta dari surat kabar harian. Ia bergabung dengan Asosiasi Pekerja Ironfounding dan menjadi sekretaris di sana. Karier politiknya di Inggris melejit pada tahun 1892. Ia akhirnya memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun 1934.

3. George Bernard Shaw

George Bernard Shaw lahir pada 26 Juli 1856 di Dublin. Sedari kecil ia sangat religius dan bersekolah lokal. Namun karena tidak suka pelatihan terorganisir, Shaw meninggalkan sekolah dan mulai bekerja pada usia 15 tahun. Dia menekuni bidang sastra dan menerima Nobel pada tahun 1925.

4. Jose Saramago

Ia lahir pada tahun 1922 di Portugal. Ia pintar namun harus putus sekolah karena alasan keuangan. Ia juga menekuni bidang sastra dan dianugerahi Penghargaan Nobel Sastra pada 1988.

5. Albert Camus

Albert Camus lahir pada 7 November 1913 di Aljazair. Ia belajar filsafat dan menerima Penghargaan Nobel untuk bidang sastra pada usia 44 tahun di 1957. Sayangnya, dia meninggal dalam kecelakaan mobil tiga tahun kemudian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here