5 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi Di Indonesia

0
35

5 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi Di Indonesia

Di Indonesia menghadapi berupa tantangan yaitu meningkatnya berbagai macam jenis penyakut antara lain seperti, stroke, diabetes, kanker dan penyakit lainnya. Disaat satu sisi kita harus melakukan beberapa upaya agar menurunkan beberapa penyakit menular. Dan disaat itu lah kita perlu mencegah dah mengatasi masalah penyakit yang tidak menular. Dan disetiap tahuan ada beberapa 55,5 juta orang yang meninggal diseluruh dunia. Penyebab penyakitnya juga beragam, dan tahukan anda penyebab utama kematiaan nya, simak ulasan berikut ini.

  1. Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah . Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Dan bisa dibilang penyakit stroke adalah pembunuh nomor satu di Indonesia.

2. Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis (TBc) adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang berbagai organ, terutama paru-paru. Penyakit ini bila tidak diobati atau pengobatannya tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berbahaya hingga kematian. Penyakit yang bisa menular ini juga menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia, dah termasuk 5 besar didalam negara yang berkasus terkena penyakit Tuberkulosis.

3. Diare

Penyakit Diare adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Dan faktanya penyakit diare adalah pembunuh nomor 6 terbanyak di Indonesia. Penyakit diare ini bisa membunur anak-anak setiap harinya. Penyebab penyakit ini juga disebabkan karena, sanitasi yang tidak bersih akan mengakibatkan terjadinya penyakti diare.Kuman pada penyakit diare bisa menyebar melalui aliran air, dan makanan atau benda yang terkontaminasi.

4. Sirosis Hati

Sirosis hati adalah  konsekuensi dari penyakit kronis hati yang ditandai dengan adanya penggantian jaringan normal dengan jaringan fibrous sehingga sel-sel hati akan kehilangan fungsinya. Penyakin Sirosis hati ini menduduki peringkat kelima sebagai penyakit penyabab kematian di Indonesia. Dan gejala penyakit ini yaitu kelelahan, bengkak kaki, perubahan warna kulit dan penyakit lainnya.

5. Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme.Penyakit jantung ini pembunuh nomor dua di Indonesia. Dan kondisi ini akan menyebabkan serangan jantung dan akhirnya berujung pada kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here