5 Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cooker

0
39

5 Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cooker

Buat kamu ibu rumah tangga yang setiap hari masak nasi, mungkin kamu sering mendapati nasi basi ketika dimasak dengan rice cooker. Biar gak bingung, simak tipsnya ini yuk.

1. Jarang membersihkan rice cooker

Ketika sedang tidak digunakan, usahakan bersihkan rice cooker kamu. Bersihkan seluruh bagian, penampung uap air dan bersihkan bagian dalamnya juga.

2. Lupa mengaduk nasi saat matang

Ketika nasi matang, nasi mengandung uap air yang jika tidak dikeluarkan akan membuat nasi menjadi cepat basi. Untuk menghindarinya, aduklah nasi seketika nasi masak.

3. Tidak memperhatikan kapasitas listrik

Pilih rice cooker yang sesuai dengan kapasitas listrik di rumahmu. Jika terlalu tinggi, gantilah segera. Hal ini untuk menghindari rice cooker yang hidup mati karena tegangan listrik yang tidak sesuai.

4. Memasak nasi dengan rice cooker yang sudah rusak

Jika rice cooker kamu sudah lama dan sudah pernah rusak, mending ganti deh. Hal ini dikarenakan rice cooker yang rusak dan sudah lama hanya akan membuat nasi menjadi cepat basi dan berbau tidak enak.

5. Rice cooker tidak tertutup dengan rapat

Ketika sudah selesai memasak nasi, aduklah nasi lalu tutuplah dengan rapat. Tutup rice cooker yang tidak rapat hanya akan membuat nasi menjadi cepat basi dan berbau tidak enak. Telitilah tutup rice cooker segera setelah mengambil nasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here