5 Perjuangan Para Mahasiswa Semester Akhir

0
26

5 Perjuangan Para Mahasiswa Semester Akhir

Mahasiswa adalah remaja-remaja yang bersemangat kuliah setiap harinya demi lulus tepat waktu. Namun, beberapa mahasiswa mengalami banyak hal dalam hidupnya, sehingga harus bersusah payah untuk meraih toga kelulusan. Nah, jika kamu adalah mahasiswa semester akhir, bebanmu akan bertambah banyak. Berikut ini perjuangan yang harus kamu lakukan demi sebuah toga, wahai para mahasiswa semester akhir.

1. Harus lebih berhemat karena akan butuh banyak biaya jelang wisuda

Banyak mahasiswa yang mengeluh bahwa pengeluaran di awal kuliah dan di masa perkuliahan sangat besar. Eits, jangan salah! Pengeluaran mahasiswa akhir malah lebih banyak, lho. Mereka harus menge-print ini dan itu, transportasi yang banyak untuk pergi bimbingan dengan dosen, sidang dan lain sebagainya.

2. Sulitnya mengerjakan penelitian, tugas akhir atau skripsi

Memang ini tahap tersulit seorang mahasiswa, saat skripsi. Kalau biasanya mahasiswa baru akan santai-santai dengan tugas kuliah, beda dengan para mahasiswa semester akhir. Mereka harus mengerjakan skripsi yang sudah penuh corat-coret dosen pembimbing dan membuatnya lebih baik seperti yang diminta. Semangat!

3. Sering begadang demi cepat lulus

Ada pepatah yang mengatakan bahwa jika banyak yang kamu lakukan, maka kamu akan mendapatkan hasil yang banyak. Pepatah ini benar adanya. Sebagai mahasiswa semester akhir, kamu harus sering begadang demi mengerjakan skripsi tersayangmu itu. Hal ini mau tak mau harus dilakukan jika ingin cepat selesai.

4. Susah bertemu dengan dosen pembimbing

Skripsi sudah oke, dikerjakan sampai begadang pula, eh besoknya waktu ingin bimbingan pak dosen pembimbing malah tidak ada di tempat. Duh! Ini adalah drama umum bagi para mahasiswa semester akhir. Kamu bisa mengakalinya dengan membuat banyak bab sekaligus, jadi tidak perlu terlalu sering bolak-balik bimbingan. Gimana?

5. Mulai jarang bertemu dengan teman-teman seangkatan

Semester akhir adalah semester cuek, bukan? Kita sudah tidak memperdulikan teman seangkatan lagi karena sibuk mengurusi urusan diri sendiri dan tentu saja skripsi sendiri. Namun, kamu tidak sendiri kok. Semua temanmu juga seperti itu. Kalian sedang berada dalam masa genting menuju kelulusan. Semangat ya para mahasiswa akhir! Usaha tidak akan menkhianati hasil, the more you do then the more you get!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here