5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Disaat Bekerja di Depan Komputer Terlalu Lama

0
18
Tips Menjaga Kesehatan Mata Disaat Bekerja di Depan Komputer Terlalu LamaDi zaman globalisasi saat ini, semua orang terbiasa untuk menatap layar komputer, ponsel, atau perangkat digital lainnya. Dan cara untuk membantu menjaga kesehatan mata dengan menggunakan kacamata perlindungan layar digital.

Masalah dari orang yang secara rutin menggunakan komputer dan perangkat digital adalah mengalami gejala ketegangan mata. Gejala sindrom penglihatan komputer meliputi, Mata lelah dan tidak nyaman, Mata kering, sakit kepala, penglihatan kabur, sakit leher dan bahu, Mata berkedut dan Mata merah.

Berikut ini adalah 5 langkah mudah untuk mengurangi resiko Mata tegang dan gejala umum lainnya dari sindrom penglihatan komputer :

  • Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Ketegangan Mata sering disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang, apakah itu dari sinar matahari atau dari pencahayaan interior yang keras dan penggunakan komputer. Sebaiknya posisikan layar komputer di samping jendela, bukan di depan atau dibelakang.

Dan saat mengguna komputer akan lebih baik untuk Mata jika menghindari bekerja di bawah lampu neon di atas kepala.

  • Sesuaikan Pengaturan Tampilan Komputer

Menyesuaikan pengaturan tampilan komputer dapat membantu mengurangi ketegangan Mata dan kelelahan.

Sesuaikan kecerahan layar dengan kecerahan yang dapat dterima oleh Mata. Mengurangi suhu warna tampilan, menurunkan jumlah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar warna untuk kenyamanan bagi Mata didepan layar komputer.

  • Berkedip Lebih Sering

Berkedip sangat penting saat bekerja di depan komputer dengan waktu yang lama. Dengan berkedip dapat melembabkan mata dan mencegah kekeringan serta iritasi.

Air Mata yang melapisi Mata menguap lebih cepat ketika tidak berkedip. Dan hal tersebut  yang menyebabkan Mata mengering.

  • Latihan Mata

Penyebab lain dari ketegangan Mata saat di depan komputer adalah kelelahan. Untuk mengurangi resiko kelelahan pada Mata, disarankan untuk terus menerus melatih fokus mata.

Setidaknya berpalinglah dari komputer setiap 20 menit dan melihatlah objek jauh setidaknya 10 meter selama 20 detik. Lakukan cara tersebut setiap 20 menit sekali, hal ini disebut dengan istilah 20-10-20.

  • Sering-sering Beristirahat

Untuk mengurangi resiko mengalami sindrom penglihatan komputer dan nyeri leher, punggung, dan bahu, sering-seringlah istirahat. Istirahat 10 menit di setiap jamnya untuk tidak menatap komputer.

Selama istirahat, berdirilah kemudian bergerak dan rentangkan lengan kaki dan punggung, leher dan bahu untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot.

Artikel Terkait Judul:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here