5 Tradisi Orang Indonesia di Malam Tahun Baru

0
186

5 Tradisi Orang Indonesia di Malam Tahun Baru

Yeay, besok malam adalah malam pergantian tahun baru 2020. Bagaimana persiapan kalian dengan tahun baru esok? Apa saja yang sudah dibeli dan direncanakan? Biasanya orang-orang Indonesia mempunyai banyak tradisi dalam menyambut tahun baru, lho! Apa sajakah itu?

1. Membeli terompet sebagai pernak-pernik wajib di malam tahun baru

Meniup terompet saat malam tahun baru adalah hal yang sangat lazim ditemui di Indonesia. Melalui terompet mereka dapat mengekspresikan kebahagiaan saat malam pergantian tahun. Bentuk terompet pun bermacam-macam sekarang, mulai dari bentuk klasik, ikan, naga, burung dan lain sebagainya.

2. ‘Bakar-bakar’ a.k.a pesta barbeque

Nah, ini adalah kebiasaan yang wajib saat menunggu pergantian tahun tepat jam 00:00. Bakar-bakar atau pesta barbeque menjadi asik jika dilakukan secara bersama-sama. Makanan yang bisa dibakar pun banyak, biasanya mereka membakar jagung, ikan, ayam, sosis, bakso, dll.

3. Menyalakan kembang api dan petasan

Ini adalah kebiasaan anak-anak kecil saat tahun baru. Mereka dengan gembira membeli beberapa petasan dan kembang api untuk diledakkan saat jam pergantian tahun. Mulai  dari petasan kecil sampai petasan besar yang dijamin bisa memekakkan telinga pun ada.

4. Menyaksikan pertunjukkan petasan dari tempat setinggi mungkin

Buat kamu yang takut main petasan, jangan sedih. Kamu masih bisa nonton orang main petasan kok. Pergilah ke tempat yang agak tinggi dan saksikan berbagai macam warna kembang api dan petasan dari tempat tersebut.

5. Jalan-jalan ke pusat kota sambil menyaksikan konser musik gratis

Tapi biasanya konser musik saat pergantian tahun hanya ada di pusat kota, sih. Nah, buat kamu yang bosan dan suntuk di rumah, pergi deh ke pusat kota. Tapi perginya saat masih sore ya, karena kalau kamu pergi saat malam dapat dibayangkan sendiri deh kemacetan yang menunggumu. Happy new year!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here