7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib diCoba

0
29

Malang menyimpan banyak pesona, peninggalan pada zaman dulu berupa gedung berusia ratusan tahun peninggalan Belanda menjadi tempat wisata seperti museum hingga aneka kuliner tempo dulu yang masih eksis hingga saat ini.

Kuliner jadul di kota Malang ini mengusung konsep tempo dulu dengan cita rasa makanannya yang tidak pernah berubah sama sekali.

Berikut ini tujuh kuliner jadul di Malang yang wajib dicoba :

Ingin mencicipi rasa es krim pada jaman kolonial Belanda dulu, mampir ke toko es krim Oen yang ada di Malang. Toko es krim ini sudah buka sejak tahun 1930.

Hingga sekarang toko es krim ini masih populer di kalangan warga Malang juga turis asing. Toko es krim ini masih dengan suasana toko yang dibiarkan jadul. Mulai dari radio kuno di sudut, kursi dan meja, hingga pelayan yang menggunakan busana khas zaman kolonial dulu.

Selain es krim, di sini kamu juga bisa menikmati aneka makanan seperti steak, chicken salad, nasi goreng dan aneka dessert berupa cake dan kue tart.

2. Putu Lanang Celaket

Kue putu merupakan kue jadul yang masih eksis hingga saat ini. Kue putu juga dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia termasuk di Kota Malang. Di Malang penjual kue putu ada yang keliling dan juga kedai, atau toko kue kecil yang menjual kue putu namanya Putu Lanang Celaket.

Kedai kue ini sudah buka di tahun 1935 dan Putu Lanang Celaket masih menjadi kesukaan banyak orang Malang, dalam sehari kedai putu Lanang Celaket bisa menjual hingga seribu kue putu.

3. Warung Tahu Lontong Lonceng

Warung tahu lontong Lonceng sudah ada sejak tahun 1935. Dinamakan warung tahu lontong Lonceng karena dulu lokasi jualan warung ini berada di dekat tugu Lonceng. Terdapa tiga menu yang disediain di warung lontong legenda ini yaitu tahu telur nasi, tahu telur lontong, atau tahu lontong biasa.

Meskipun menunya sangat sederhana, namun cita rasa dari tahu lontong ini masih tetap mempertahankan resep yang sama seperti saat pertama kali buka. Dan harganya hanya Rp 9 ribu saja.

4. Es Tawon Kidul Dalem

Di Malang ada satu warung es legendaris namanya warung es tawon Kidul Dalem, warung ini sudah ada dari tahun 1955 .  Es tawon yaitu es yang dicampur dengan kacang hijau, cincau, dawet, mutiara, blewah dan disiram sirup merah.

Disebut es tawon karena dulunya warung ini berjualan di bawah pohon asam yang ada sarang tawonnya. Dikarenakan sirup yang digunakan terbuat dari gula asli, lama-kelamaan mengundang tawon-tawon untuk ‘mampir’ ke warung es ini.

5. Depot Hok Lay

Lunpia atau lumpia menjadi makanan khas Semarang, namun saat berkunjung ke kota Malang kamu akan menemukan kedai lumpia. Di Malang terdapat sebuah kedai lumpia legendaris bernama depot Hok Lay yang berdiri sejak tahun 1946.

Lumpia dengan campuran potongan rebung dan wortel yang dibungkus dengan kulit lumpia yang krispi ditambah dengan saus tauco. Selain lumpia ada juga Fosco yaitu minuman susu full cream dan coklat yang sudah ada sejak zaman Belanda.

6. Ronde Titoni

Disaat musim hujan paling enak ditemenin sama aneka kuliner hangat seperti ronde. Jajanan ini sudah ada sejak zaman dulu, tetapi sekarang ronde semakin sulit ditemukan. Meski begitu, ada penjual ronde keliling atau kedai ronde yang paling tua adalah kedai ronde Titoni yang ada di Malang.

Dulu di tahun 1948, ronde ini sama seperti ronde lainnya yang berjualan keliling dan berhenti di sebuah toko jam bernama Titoni. Baru di tahun 1985, ronde ini akhirnya membuka kedai di daerah Kudusan.

Ada dua pilihan ronde yaitu ronde dengan campuran angsle, roti goreng, cakwe dan disiram dengan kuah jahe atau ronde kering yang dilumuri bubuk kacang dengan kuah terpisah.

7. Pos Ketan Legenda 1967

Berkunjung ke Malang, wajib berkunjung ke alun-alun Kota Batu. Di kawasan Batu ada banyak wahana permainan dan aneka jajanan yaitu Pos Ketan Legenda 1967. Di sini kamu bisa menyantap ketan baik itu ketan putih atau hitam.

Yang bikin istimewa adalah, ketan di sini diberi tambahan aneka toping dari mulai ayam, keju, coklat, kacang, sampai unti kelapa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here