Beranda List 8 Makanan Khas India yang Paling Terkenal di Dunia

8 Makanan Khas India yang Paling Terkenal di Dunia

0
19

1. Samosa

Samosa adalah makanan khas India dan merupakan camilan favorite masyarakat Asia Tengah, Asia Selatan hingga Jazirah Arab. Dengan bentuk segitiga, samosa memiliki cita rasa yang gurih dan bertekstur renyah.

Samosa berisi kentang rebus dengan bumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar dan terkadang paneer. Saat ini samosa dimodifikasi dengan beberapa varian rasa, seperti coklat, keju, daging dan lain-lain.

2. Dosa

Dosa merupakan makanan khas India sejenis crepes. Dibuat dengan bahan utama beras dan bubuk gram hitam yang sudah difermentasi kemudian menjadi adonan halus dan diberi sedikit garam.

Di India dosa disebut dosay atau dosai. Dosa diisi dengan tambahan sayuran, daging dan saus dengan varian rasa, seperti masala dosa, rava dosa, chilli paneer dosa dan lain-lain.

3. Jalebi

Manisan jalebi dibuat dari tepung yang dibentuk melingkar dan kemudian digoreng hingga matang. Setelah itu, jalebi direndam dalam sirup gula hingga permukaannya mengkilat dan mengkristal.

Jalebi memiliki tekstur yang kenyal dan sangat manis. Manisan berwarna orange ini dapat disajikan hangat atau dingin.

4. Biryani

Berbagai sebutan untuk nama makanan India satu ini, mulai dari biryani, beryani hingga biriani. Biryani merupakan nasi yang berbentuk panjang atau yang disebut beras basmati ditambah dengan campuran rempah-rempah dan kaldu.

Biryani disajikan dengan aneka daging dan sayuran. Di Indonesia dan Malaysia biryani disebut dengan nama nasi biryani, biryani juga dapat ditemukan di kawasan Asia Selatan.

5. Rogan Josh

Rogan josh merupakan makanan India dengan bahan dasar daging yang berasal dari Persia atau Kashmir. Daging yang digunakan adalah daging domba atau kambing.

Rogan josh dimasak dengan yoghurt, daun salam dan bumbu rempah lainnya, membuat rogan josh terasa lezat dan gurih. Untuk cita rasa pedas yang kuat berasal dari paprika dan cabai Kashmir.

6. Naan

Naan terbuat dari tepung ragi dan berbentuk seperti roti. Naan merupakan roti tradisional dari India. Naan bisa dijadikan sebagai makanan pengganti bagi masyarakat India jika bosan dengan makanan pokok.

Naan dapat dimakan dengan ayam tandoori dan palak paneer. Naan juga memiiliki beberapa variasi rasa, seperti butter naan. Butter naan memiliki rasa yang lebih gurih karena dimasak dengan mentega yang banyak.

7. Kheema

Kheema atau qeema adalah hidangan berbahan dasar daging yang sudah digiling. Daging giling tersebut dibumbui menggunakan berbagai rempah dengan kombinasi kacang polong atau irisan kentang.

Kheema disajikan dengan naan agar lebih lezat. Caranya : kheema ditaruh dibagian tengah naan. Setelah itu dilipat dan siap dimakan. Kheema dan naan cocok disantap saat udara dingin karena rasa pedas dari kheema dapat menghangatkan tubuh.

8. Ayam tandoori

Ayam yang dipanggang dengan bumbu khas India ini sangat digemari oleh masyarakat luar negeri dan Indonesia yaitu ayam tandoori. Diberi nama tandoori karena ayam dipanggang dalam oven tandoori yang sangat panas.

Ayam tandoori sangat terkenal di dunia, Ayam panggang dengan warna khas merah ini dibuat dengan bumbu khas India.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here