Cara Terbaik Menegur Teman

0
103

Cara Terbaik Menegur Teman

Sahabat adalah beberapa orang yang menjalin hubungan dekat. Persahabatan tidak mungkin terjalin tanpa perkelahian, meskipun hanya sekali. Saat menghadapi sahabat, mungkin kamu bingung dengan caranya menegur ketika salah. Ini tipsnya:

1. Tegurlah secara private

Menegur di depan orang banyak memiliki arti mempermalukannya. Panggil dia dan ajaklah berbicara berdua. Tanyakan mengapa ia berbuat kesalahan seperti itu. Bicarakan baik-baik di antara kalian.

2. Jangan menyudutkan

Ada tipe orang yang biasa saja ketika diajak berbicara atau ditegur dengan semena-mena, namun ada beberapa orang pula yang tersinggung. Oleh karena itu, bicaralah secara perlahan.

3. Sampaikan dengan sopan

Ini adalah hal mendasar. Walaupun dia salah, jangan bicara kasar. Tetap jaga perasaannya dengan cara berbicara dengan baik dan sopan.

4. Berikan pujian 

Setelahnya berikan ia pujian dan ucapkan terima kasih karena dia telah dengan senang hati mendengarkan teguranmu. Jangan biarkan ia sedih dan terpuruk sendiri, hiburlah ia setelah kamu marahi.

5. Berikan kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya

Kamu juga tidak boleh terlalu mengintimidasinya dengan cara berbicara terus-terusan tanpa memberinya kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya. Berikan ia waktu untuk menjelaskan mengapa ia melakukan kesalahan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here