Jangan Lupa Diri, Lakukan Ini Saat Hidupmu Sedang “Di atas”

0
52

Jangan Lupa Diri, Lakukan Ini Saat Hidupmu Sedang "Di atas"

Kehidupan memiliki pasang surut. Ada saat kita di bawah dan ada saatnya kita berada di atas. Untuk yang masih di bawah, jangan berputus asa, roda butuh waktu untuk bergerak sehingga kita berada di atas. Lalu, bagaimana jika roda hidupmu sedang berada di atas alias sedang jaya? Lakukan tips berikut, agar kamu tidak salah arah.

1. Sering melihat ke bawah

Jangan bosan-bosan untuk melihat orang-orang yang memiliki kehidupan yang di bawah atau lebih sulit dari kita, bantu dia dan ringankan pekerjaannya juga jangan sekali-kalinya kamu menghardik mentang-mentang dia lemah dan di bawah. Mulailah dari membantu orang terdekat, seperti keluarga, teman, sahabat dan orang-orang yang membutuhkan bantuanmu.

2. Bersikap bijak

Saat sedang berada di atas, kita seingkali merasa bahwa kita memiliki segalanya dengan hanya satu benda, yaitu uang. Eits, tapi jangan salah. Sisihkan sedikit untuk tabungan dan bersedekah, jangan menghambur-hamburkan uang yang ada, manfaatkan sebaik mungkin.

3. Melakukan hal positif

Tidak harus menunggu berada di atas jika harus melakukan hal yang positif. Namun, begitu adanya. Saat kamu sedang di atas, berusaha untuk kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif dan taat beragama. Kondisi yang seperti ini akan menghindarkanmu dari perilaku buruk di luar sana.

Misalnya daripada pergi ke bar dan berfoya-foya, kamu malah bisa membangun rumah atau tempat ibadah atau bahkan sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu dengan teman-teman positifmu itu.

4. Jangan jadi kacang yang lupa kulitnya

Kamu, yang sudah berada di atas, selalu ingatlah bahwa hidupmu tidak langsung berada di atas. Kamu pernah berada di bawah dalam waktu sekian dan sekian. Untuk itu, jangan terlena dengan segala yang sudah bisa kamu nikmati sekarang, pergunakan untuk kehidupan dunia dan akhiratmu kelak.

5. Bersikap apa adanya

Jika sudah berada di atas, jangan lupakan teman-temanmu yang selalu menemanimu saat kamu susah dulu. Tetaplah bersikap baik, buang dulu jauh-jauh rasa tinggi dan “aku mampu”. Bergaul dengan mereka seperti biasa dan hal ini akan membuat hidupmu menjadi lebih bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here