Jangan Sepelekan Radang Tenggorakan, Ini Hal Yang Harus Anda Ketahui

0
68

Jangan Sepelekan Radang Tenggorakan, Ini Hal Yang Harus Anda Ketahui

Radang tenggorokan merupakan jenis penyakit yang banyak diderita banyak orang seperti, batuk, pilek dan demam. Dan banyak orang yang menyepelekan radang tenggorokan yang  akan terasa kering dan gatal, bahkan sakit saat menelan benda yang masuk kedalam mulut. Penyakit ini akan menyebabkan komplikasi yang serius yaitu masalah pada ginjal dan rematik jika dibiarkan begitu saja. Radang tenggorokan adalah rasa nyeri, iritasi, atau kering pada tenggorokan yang dapat terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Saat sakit tenggorokan, nyeri yang dialami oleh penderita akan makin terasa saat menelan makanan atau minuman. Sakit tenggorokan dapat dialami semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika penyakit ini tidak segera diatasi dapat memperburuk kondisi tubuh amandel dapat membengkak sampai kelenjer getah bening pada leher. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Radang tenggorokan bisa sampai tahap akut

Penyakit radang tenggorokan bisa disebut dengan faringritis, faringitis adalah infeksi atau perdangan pada rongga mulut dan saluran pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang pada saluran pernapasan atas seperti tenggorokan dan hidung. Dan penderita penyakit ini yang sering terserang birus, saat kekebalan tubuh anda yang sedang menurun. Virus ini akan mudah terjangkit pada organ tubuh manusia, dengan hal ini ditandai dengan pembengkakan pada dinding tenggorokan.

2. Faringitis akan mencapat tahap kronis jika tidak ditangani

Penyakit radang tenggorokan atau faringitis akan mengalami kronis jika tidak ditangani lebih dari seminggu. Dan bisa dilihat terdapat bercak-bercak yangbewarne merah didalam tenggorokan dan ada suatu cairan  yang bewarna keruh dan tenggorokan akan terlihat membengkak. Hal ini akan mengakibat kondisi penderita akan merasakan tenggorokan menjadi gatal dan kering.

3. Radang tenggorakan banyak terjadi pada anak-anak

Penyakit radang tenggorokan akan sering terjadi pada anak-anak. Dengan penyakit ini akan membuaat anak gelisah, rewel dan lemah karena gejala faringitis ini. Jadi buat para orang tua harus membantu mengatasi gejala radang tenggorokan tersebut. Jika anda sudah mendapatkan gejala-gejala ini, jangan sekali-sekali menyepelakannya. Karena radang yang dibirkan saja tanpa diobati atau dicegah, akan makin parah dan berdampak timbulnya penyakit yaitu demam rematik.

4. Cara mencegah dan pengobatan radang pada tenggorokan

Untuk mencegah dan pengobatan pada radang tenggorokan sebagai berikut:

  • Jangan berbagi perlengkapan makan dan minum kepada orang lain.
  • Jangan kontak dengan orang yang sakit.
  • Mencuci tangan sebelum makan.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Jangan makan-makanan yang merangsang sakit tenggorokan seperti makanan yang mengadung minyak, pedas, asin,asam dan berbumbu.
  • Kosumsi makanan yang mengandung mineral kalsium dan magnesium.
  • kosumsi makanan yang mengandung vitamin A, C ,E, B6 dan asam folat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here