Jenis Sayuran Ini Berbahaya Jika Dipanaskan, Berisiko Kepada Kesehatan

0
28

Jenis Sayuran Ini Berbahaya Jika Dipanaskan, Berisiko Kepada Kesehatan

Mengkosumsi sayuran setiap harinya sangat lah bagus untuk keshatan, ada sebuah penelitisan menunjukkan bahwa semakin banyak anda mengklsumsi sayuran maka semakin bagus kemampuan anda untuk menangkis berbagai pernyakit. Kosumsi lah sayuran yang mengandung vitamin A,B,C. Tetapi anda juga harus waspadai dan berhati-hati, karena ada sebagian jenis sayuran yang didak boleh dipanaskan lebih dari 1 kali. Berikut beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan, karena berisiko kepada kesehatan.

  1. Sayur bayam

Sayur bayam mengandung banyak nutrisi yang juga termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan pada tubuh. Sayur bayam memiliki magnesium, zat besi, kalsium, asam folat dan potasium. Tetapi sayangnya, jika anda mengolah bayam menjadi sayur , anda harus segra konsumsi dan jangan dipanaskan lebih dari satu kali.

Sebab, jika sayur bayam dipanaskan kandungan yang berupa nitrat akan berubah menjadi nitri dan membuat bayam bersifat karsinigenik pada tubuh. Karsinogenik adalah  sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru karena zat-zat yang terdapat pada rokok. Sehingga paru-paru menjadi berlubang dan menyebabkan kanker.

2. Sayur brokoli

Ssayur brokoli berperan penting untuk menangkal antibakteri yang dapat mengurangi perdangan pada sendi-sendi. Jika secara rutin anda mengkosumsi sayuran brokoli ini mampu mengurangi resiko penyakit osteoporosis. Didalam kandungan dalam sayur brokoli adalah vitamin K yang dapat membantu tulang tetap terjaga senantiasanya. Tetapi sayur ini jika dipanaskan kembali akan membahayakan dan menjadi kan resiko peada kesehatan.

3. Kentang

Kentang aladah salah satu jenis sayuran yang memiliki kaya akan gizi, dan kandungan didalam kentang ada vitamin A,B dan C, Asam folat, dan karbohidrat, Rasa kentang ini sangat enak jika dimasak apa saja, dan kentang ini diminati banyak orang. Sayang nya sayuran kentang ini jika dipanaskan lebih dari 1 kali akan kehilangan gizi. Dan membuat bakteri yang tumbuh didalam kentang akan meneybabkan resiko masalah pencernaan.

4. Seledri

Walaupun sayuran seledri jarang sekali dimanfaatkan sebagai bahan utama masakan, tetapi sayuran ini berperan penting untuk penyedap rasa makanan. Sayur ini memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu untuk menurunkan hipertensi dan kolstrol. Tetapi sayur ini juga tidak boleh dipanaskan lebih dari 2 kali, karena akan menyebabkan resiko kesehatan pemicu kanker.

5. Jamur

Jamur kaya dengan protein yang mudah rusak dalam suhu tinggi, sehingga jika memanaskannya kembali akan mendapat protein yang rusak, Dan jamur sangat mudah terserang mikroorganisme yang membuat anda sakit pertut ata diare. Jadi jangan panaskan sayuran ini lebih dari dua kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here