Krisis Moneter Terparah Dalam Sejarah

0
72

Krisis Moneter Terparah Dalam Sejarah

Krisis moneter merupakan hal yang sangat jarang terjadi. Namun, di dunia ini sudah pernah terjadi krisis moneter terparah, lho. Apa sajakah itu?

1. Perang Salib Keempat (1202 – 1204)

Krisis ini diakibatkan karena dana negara banyak digunakan untuk menginvasi negara-negara muslim yang memiliki banyak emas dan cadangan hasil bumi lainnya. Karena banyaknya daerah yang melawan, perang ini menimbulkan krisis moneter yang sangat gawat.

2. Revolusi Prancis (1789 – 1799)

Prancis memang terkenal karena banyak kejadian revolusi oleh para rakyatnya, salah satunya pada tahun ini. Karena banyaknya tuntunan warga, negara menjadi tidak stabil dan terjadilah krisis moneter di Prancis.

3. Philip II dari Spanyol (1554 – 1598)

Bisa dibilang ini krisis yang sangat memalukan karena raja yang diagungkan pada zamannya malah membuat negara-negara Spanyol mengalami krisis moneter yang sangat parah pada saat itu.

4. Kekaisaran Ottoman (1853 – 1923)

Kekaisaran ini diserang oleh negara-negara Eropa dan menimbulkan krisis di dalam kerajaan juga warga negaranya. Akhirnya kekaisaran ini berganti menjadi Turki modern pada saat ini

5. Revolusi Rusia (1917)

Sama seperti Prancis, Rusia juga memiliki sejarah revolusi yang banyak. Karena warganya menuntut banyak dan merusak beberapa properti, negara mengalami krisis yang sangat parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here