Makanan Musim Hujan yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

0
66

Makanan Musim Hujan yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyak yang mengatakan bahwa musim hujan adalah musim penyakit. Hal ini benar adanya karena pada saat cuaca lembab, kuman dan bakteri lebih mudah untuk berkembang biak. Untuk mencegahnya, kita bisa lebih menjaga kebersihan dan makan-makanan yang bergizi, seperti berikut ini.

1. Nanas

Nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung Granulosit. Ini adalah sejenis darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Makanlah nanas sekitar 1 atau 2 potong per hari.

2. Yoghurt

Yoghurt mengandung senyawa probiotik yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dengan memberi banyak manfaat untuk lambung yang mudah terkena penyakit. Konsumsi yoghurt sekitar 2-3 kali seminggu.

3. Cabai rawit

Cabai rawit mengandung capsaicin, yaitu zat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit sinus, seperti flu yang sering menjangkiti saat musim hujan. Makanlah makanan yang mengandung cabai agar sehat selalu.

4. Sup ayam

Nah, ini adalah hidangan yang paling pas disantap saat musim hujan. Sup mengandung banyak rempah-rempah seperti merica, cabai dan bumbu-bumbu lainnya. Kuahnya yang hangat juga bisa menghangatkan tubuh saat musim hujan melanda.

5. Bayam dan wortel

Bagi kamu yang sudah bosan dengan daging maupun ayam, kamu bisa membuat sup sayur yang berisi bayam, wortel dan jagung. Sup yang lezat ini juga dapat mencegahmu dari penyakit yang beterbangan di luar sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here