Mengatasi Keputihan Dirumah Dengan Perawatan Sederhana

0
31

Mengatasi Keputihan Dirumah Dengan Perawatan Sederhana

Banyak wanita yang mengalami keputihan dan bingung cara mengatasinya. Karena sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, tetapi kondisi ini membuat tidak nyaman dan resah apabila sering terjadinya keputihan. Menurut penelitian para dokter keputihan adalah hal yang normal dan sehat bagi dinding vagina dan leher pada rahim.

Terdapat kelenjar yang memproduksi cairan sebagai pertahanan tubuh untuk menjaga kesehatan organ intin pada wanita. Dan keputihan yang normal pada umunya bewarna putih susu atau jernih dan tidak bau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti menyusi dan pada saat masa mentruasi. Cara mengatasi keputihan dirumah dengan perawatan sederhana.

  1. Rutin ganti celana dalam

Bagi anda yang sering beraktivitas atau sering ada kegiatan dari pagi sampai malam hingga tubuh sering berkeringat. Anda wajib ganti celana dalam tidak boleh dibiarkan saja, membiarkan celana yang lembap dan kotor lama-kelamaan tentu saja membuat keputihan dan sering gatal yang dialami. Gunakan lah celana dalam yang berbahan lembut seperti kain katun tidak terlalu ketat, dan pertukaran udara didalamnya lancar.

2. Menjaga kebersihan vagina

Menjaga kebersihan vagina sangat lah mudah dengan cara membilas dengan air bersih setelah buar air kecil atau buang air besar. Gunakanlah air hangat kemudian basuh air di sekitar area dan belakang. Dengan cara ini bakteri yang menempel di anus tidak akan masuk dan menginfeksi vagina.

3. Yogurt

Minuman yang satu ini dibuat sangat murni tanpa pemanis buatan dan bisa mengobati keputihan. Minuman yogurt juga mengandung bakteri yang baik bermanfaat untuk kesehatan dan membantu anda mengembalikan keseimbangan bakteri dan ragi dalam tubuh anda. Para peneliti menemukan beberapa jenis probiotik dapat melawan beberapa ragi yang menyebabkan keputihan dan infeksi pada vagina. Dan sebuah penelitian menyebutkan bah yogurt dapat digunakan dengan beberapa cara seperti mengosumsi yogurt secara rutin dan mengoleskan yogurt ke vagina.

4. Daun sirih

Dan cara lain untuk mengatasi keputihan dengan menggunakan daun sirih, dan banyak produk pembersih kewanitaan menggunakan daun sirih. Didalam daun sirih mempunyai zat yang bersifat sebagai anti jamur dan bakteri. Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih sangat mudah dengan merbus daun sirih sekitar 8 lembar dengan 2 gelas air. Kemudian tunggu hingga air mendidih dan dinginkan sebentar. Lalu minumlah lah air rebusan daun sirih dengan ruitn.

5. Obat dokter

Bila cara alami yang telah anda lakukan tidak ampuh atau tidak berhasil hilangkan keputihan yang membuat vagina anda gatal. Anda harus cepat-cepat pergi ke dokter dan minta obat darinya. Dan biasanya dokter akan memberikan obat penyebab masalah yang anda alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here