Oleh-oleh Khas Tanjungpinang

0
19

Oleh-oleh Khas Tanjungpinang

Kota yang terletak di Kepulauan Riau ini terkenal dengan lokasi wilayah pesisirnya, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan dan oleh-oleh khas kota Tanjungpinang. Di kota yang sekaligusĀ  menjadi ibukota Provinsi Kepulauan Riau memiliki oleh-oleh khas yang menawarkan berbagai macam kue kekinian khas daerah, Oleh-oleh ini wajib kamu coba.

Jika anda berkesempatan mengunjungi Tanjung Pinang, hal wajib yang tak boleh dilewatkan adalah membeli oleh-oleh khas Tanjung Pinang untuk orang terdekat.Buah tangan khas Tanjung Pinang sangat beragam dan mungkin tak bisa temui saat kamu kembali ke tempat tinggal asalmu.

Apa saja rekomendasi oleh oleh khas dari Tanjungpinang. Berikut oleh-oleh khas tanjungpinang yang harus dibawa pulang.

  1. Pinang Paleo

Makanan yang ngehitz ini sedang jadi trending topik di Tanjungpinang, namanya Pinang Paleo. Kue yang lezat ini menjadi perbincangan hangat pecinta kuliner Tanjungpinang.

Kue ini merupakan olahan asli Tanjungpinang kreasi anak muda, bahan bahan yang digunakan untuk membuat kue paleo ini sangat lah mudah untuk ditemui di Tanjungpinang. Paleo tersedia varian Grean tea, Keju, durian, cokelat dan banyak lainnya. Dan soal rasanya? dijamin enak dan membuat lidah andah tidak berhenti mengunyah

2. Kopi Bubuk Kapal Tanker

Dari namanya sudah sangat sangar, bagaimana tidak kopi kapal tanker ini ternyata mempunyai aroma yang sangat khas jika dibandingkan dengan kopi lainnya. Berbagai daerah di Indonesia memang menyajikan cita rasa kopi yang sangat nikmat rasanya.

Kopi khas Tanjungpinang ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus dibawa dan diberikan kepada kerabat atau keluarga. Kopi ini merupakan kopi asli buatan Tanjungpinang, banyak wisatawan yang berkunjung mencari kopi ini sebagai buah tangan.

3. Kerupuk Tanjungpinang

Kepulauan Riau dan pulau Bintan dimana kota Tanjungpinang terletak maka akan terlihaat banyak kepulauan yang dikelilingi laut. Dengan alam yang mendukung membuat masyarakat lokasi berkreasi membuat kudapan nerbahan dasar ikan. Anda akan mudah menemukan berbagai macam olahan yang lezat.

Rata-rata kerupuk berbahan dasar ikan, ada juga kerupuk yang berbahan gonggong yang sangat khas menjadi incaran para wisatawan. Menurut pedagang kerupuk ikan selalu banyak peminat nya dan ramai akan pembeli. Rasa khas dan enak menjadi lauk yang begitu nikmat rasanya.

4. Batik Gonggong

Gonggong adalah nama siput laut yang menjadi ikon parawisata dikota Tanjungpinang. Si siput ini di buat menjadi bagian kesenian yang dikenal sebagai Batik Gonggong. Batik ini juga tidak beda jauh dengan batik pada umumnya. Akan tetapi ada juga motif gonggong yang menjadi keunikan yaitu souvenir khas Tanjungpinang. Batik ini merupakan jenis batik spesial yang hanya dijual pada satu tempat saja. Dapat dipastikan bahwa batik asli tanjungpinang ini hanya tersedia di toko Batik agaonggong.

5. Bilis Gulung

Bilis gulung adalah berupa cemilan khas Tanjungpinang, buah tangan khas Tanjungpinang ini dikenal dengan nama kain yaitu angko bilis dan juga bilis selimut. Keunikan bilis ini bukan hanya nama nya saja, tetapi pembuatan bilis gulunh dapat diratakan tanpan menggunakan mesin.

Makanan ini biasa disajikan pada hari perayaan keagamaan, dan cemilan yang satu ini berasal dari ikan bilis sering kali dijadikan oleh-oleh dari Tanjungpinang. Teksturnya yang garing dan renyah, mampu bertahan lama hinggan hutngan bulan.

6. Luti Gendang

Luti Gendang dikenal dengan cemilan khas Batam, di Tanjungpinang Luti Gendang menjadi salah satu cemilan incaran para masyarakat. Luti Gendang adalah roti goreng yang terbuat dari ikan tuna. Luti berasal dari kataroti dan perubahan nama ini dikarenakan orang cTionghoa tidak fasif dalam mengucapkan kata roti sehingga menyebutkan kata Luti. Rasa gurih dan pedas manis bergabung menjadikan Luti gendang diminati banhak orang.

7. Tepung Gomak

Di Malaysia tepung gomak terbuat dari tepung kanji, tetapi tepung gomak di Indonesia sangat lah berbeda dengan tepung gomak yang ada di Malaysia. Makanan ini merupakan cemilan salah satu masyarakat Tanjungpinang.

Tepung gomak biasa dihidangkan saat perayaan hari besar dan biasa menjadi teman minum teh oleh warga sekitar. Cemilan penduduk Pulau Penyengat, kue yang berbahan dasar tepung dan kacang hijau ini mulai diolah menjadi buah tangan khas Kepulauan Riau.

8. Kue Batang Buruk

Inilah ada kue legendaris, kue ini menjadi salah satu makanan khas yang harus dibawa ketika berkunjung ke pangkal pinang. Rasanya jangan ditanyakan lagi, dan pasti nya makanan inimoleh-oleh khas Tanjungpinang.

9. Otak-otakĀ 

Otak-otak tersedia di banyak kota, otak-otak khas Tanjungpinang berbeda dengan otak-otak lain. Otak-otak ini dibungkua dengan daun pisang, isi otak-otak Tanjungpinang berbeda dengan otak-otak yang sering dijumpai. Biasanya otak-otak bewarna putih keabuan, otak-otak di Tanjungpinang bewarna kuning dengan harum dan rempah yang sangat pekat. Tekstur yang dimiliki otak-otak Tanjungpinang sangat lembut dan lumer saat dimakan sehingga tidak perlu menggitnya terlalu keras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here