Penyebab Penyakit Kista Pada Rahim, Kenali Gejalanya

0
37

Penyebab penyakit kista pada rahim, kenali gejalanya

Bagi para kaum wanita, penyakit kista adalah salah satu penyakit yang paling mengkhawatirkan dengan sistem reproduksi. Dan menjaga kesehata pada sistem alat reproduksi adalah suatu hal yang terpenting. Penyakit yang akan menyerang kepada wanita adalah penyakit kista. Penyakit kista adalah kondisi yang disebabkan oleh benjolan berbentuk kapsul atau kantung dan terisi dengan cairan, semisolid, atau material gas, yang dapat muncul pada jaringan tubuh mana saja. Berikut penyebab penyakit kista pada rahim dan kenali gejalanya, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Penyakit Kista

Penyakit kista adalah kondisi yang disebabkan oleh benjolan berbentuk kapsul atau kantung dan terisi dengan cairan, semisolid, atau material gas, yang dapat muncul pada jaringan tubuh mana saja. Kista otak, bukan merupakan tumor otak karena tidak berasal dari jaringan otak. Saat diraba, ada benkolan yang akan terasa seperti nalon terisi cairan.

Dan penyebab penyakit kista yang paling utama adalah karena kondisi penyumbatan yang mengakibatkan banyak penumpukan cairan dan udara. Dengan penyumbatan ini akan mengakibatkan beberapa faktor genetika, dan infeksi penyebab lainnya. Bukan itu sjaa, faktor lain juga dapat meningkatkan penyakit kista yaitu karena usia, kemoterapi dengan temoxifen, endometriosis dan obat penyubur kandungan lainnya. Beberapa faktor penyebab penyakit kista dapat memperparah kondisi anda. Berikut beberapa faktor penyebab penyakit kista:

  • Tumor
  • Infeksi
  • Kondisi genetik
  • Penyumbatan pada saluran tubuh
  • Parasit
  • Cacat pada sel

Gejala Penyakit Kista

Penyakit kista tidak akan menimbulkan gejala efek yang begitu besar, namun terkadang penderita penyakit kista tidak akan merasakan sakit apapun jika ukuran kista nya masih kecil. Sebaliknya, jika ukuran kista sudah mulai membesar dan mulai membatasi organ lain, maka gejala itu dapat anda rasakan sendiri.

Dan penderita akan menyadari jika muncul benjolan diatas kulit, gejala kista ini timbul pada penderitanya tergantung dimana kista itu akan tumbuh. Penyakit kista yang timbul didalam ginjal tidak akan memberikan gejala apapun, sebaliknya kista yang timbul di bagian payudara akan mudah diketahui jika ukurannya akan membesar.

Kista yang terdapat didalam ovarium akan menimbulkan gejala seperti siklus haid yang tidak lancar atau tidak teratur. akan terasa nyeri dibagian panggul, dan akan merasakan nyeri saat membuang air kecil bila ukuran kista tersebut makin membesar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here