Penyebab Terjadinya Varises Pada Kaki

0
46

Penyebab Terjadinya Varises Pada Kaki

Langkah awal untuk memahami apa itu penyakit varises, mari kita mulai dengan pengertian varises. Tetapi ada hal yang lebih penting yang harus diketahui terlebih dahulu yaitu struktur normal pembuluh darah vena. Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol. Varises dapat terjadi di seluruh pembuluh vena dalam tubuh. Berikut beberapa penyebab varises pada kaki:

  1. Faktor Kehamilan

Wanita yang mengalami kehamilan pasti dapat memiliki varises pada kakinya, dengan adanya kehamilan akan meningkatkan volume darah dalam tubuh. Dan menurunkan aliran darah dari kaki yang menuju ke panggul. Sirkulasi ini berfungsi untuk mendukung pertumbuhan janin. Tetapi ada efek samping lainnya yaitu pemebesaran pada pembuluh darah di vena kaki.

2. Menggunakan high heel terlalu lama

Menggunakan high heel yang terlalu lama akan mengakibatkan terjadinya varises pada kaki. Karena membuat otot tumit  yang berfungsi untuk membantu kerja pembuluh darah yang menjadi pemicu tidak maksimal. Dan otot-otot pada kaki akan menjadi tegang dan menyebabkan terjadinya varises.

3. Faktor Usia

Bertambahnya usia pada seseorang maka pembuluh darag akan mengalami kehilangan elastisitas sehingga menyebakan pembuluh darah menegang dan menjadi lemah. Dan hal inilah yang akan mengakibatkan terjadinya varises pada kaki.

4. Terlalu lama berdiri

Terlalu lama berdiri akan membuat terjadinya varises pada kaki anda, karena membuat kaki menahan terlalu berat tubuh dan membuat pembuluh vena harus bekerja dengan ekstra menahan berat badan. Usahakan dan hindari berdiri terus menerus dan tidak berdiri dalam waktu yang lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here