Resiko Kesehatan Yang Muncul Akibat Malas Mencuci Tangan

0
27

Resiko Kesehatan Yang Muncul Akibat Malas Mencuci Tangan

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang harus anda perhatikan, sebab mempunyai risiko yang dapat menyebarkan bakteri secara cepat. Dan mencuci tangan adalah tindakan yang sangat sederhana untuk kesehatan. Namun, memang terdengar hal sepele teteapi mencuci tangan dengan baik dan benar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu anda harus membiasakan secara rutin mencuci tangan, terutama sebelum makan. Berikut beberapa masalah kesehatan atau resiko penyakit jika tidak mencuci tangan.

  1. Penyakit Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit yang menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah. Impetigo paling sering menyerang anak-anak, terutama yang kebersihan badannya kurang dan bisa muncul di bagian tubuh manapun, tetapi paling sering ditemukan di wajah, lengan dan tungkai. Untuk mencegah penyakit ini sangatlah mudah, cucilah tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun pencuci tangan, agar anda terhindar dari penyakit Impetigo.

2. Penyakit Hepatitis A

Hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Penyebab penyakit ini adalah virus hepatitis A, virus ini dapat menyebar dengan mudah melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi penderita hepatitis A. Dan gejala yang timbul karena penyakit Hepatitis A seperti mudah lelah, urin bewarna gelap, mual-mual, demam kehilangan nafsu makan dan penyakit lainnya. Bila anda jarang mencuci tangan akan membuat anda berisiko tinggi untuk terkena penyakit Hepatitis A.

3. Mudah Terserang Flu

Penyebaran virus flu tidak hanya terkena melalui udara saja, teteapi bisa juga dari tangan yang kotor. Bila seseorang yang sedang flu lalu bersin dan menutup mulutnya menggunakan taangan yang tidak mencuci tangan. Kemudian langsung memegang suatu benda seperti Handphone atau barang lainnya, maka akan cepat menyebarkan virus flu kepada orang lain. Untuk mengindari penyakit ini, sebaiknya anda mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir bersih.

4. Penyakit Diare

Diare adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Berkembang diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya. Maka dari itu anda harus mencuci tangan selesai beraktivitas dan terutama sebelum makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here