Sakit Perut Sebelah Kanan, Waspadai Penyebabnya

0
41

Sakit Perut Sebelah Kanan, Waspadai Penyebabnya

Sakit perut sebelah kanan adalah gejala yang tidak jarang dikeluhkan oleh banyak orang, nyeri perut sebelah kanan yang membuat bagi penderitanya dan apa yang sebenarnya terjadi. Dan perut adalah bagian organ yang berongga didalamnya terletak pada posisinya masing-masing. Sakit perut sebelah kanan atas dimana distu terdapat organ hati, ginjal,usus kecil, dan usus besar. Kondisi nyeri perut sebelah kanan atas ini terdapat usus besar,usus buntu dan saluran kencing. Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan:

  1. Usus buntu

Sakit perut sebelah kanan tepatnya nyeri perut sebelah kanan merupakan pertanda penyakit usus buntu. Dan sakit perut sebelah kanan ini sering kali disebabkan peradangan pada usus buntu. Penyakit ini merupakan penyebab nyeri perut kanan bawah yang paling sering terjadi.

2. Batu ginjal

Nyeri perut kanan sebelah kanan ini juga dapat disebakan oleh penyakit batu ginjal, dan rasa penyakit ini terjadi diwilayah perut sebelah kanan hingga bagian paha. Penyebab sakit perut sebelah kanan, batu ginjal akan membuat rasa mual, kram dan muntah-muntah.

3. Gas usus

Ga usus adalah udara yang ditemukan diseluruh bagian saluran percernaan, hal ini disebabkan oleh makanan yang tidak terurai sampai menimbulkan usu besar dan membengkak. Dan semakin banyak makanan yang anda yang tidak dicerna, semakin banyak juga gas usus yang dihasilkan pada tubuh. Jika gas menumpuk akan menyebabkan sakit dan bagian perut akan kembung.

4. Hernia

Penyakit hernia juga disebabkan oleh sakit perut sebelah kanan, penyakit hernia adalah orgal internal keluar dari jaringan atau otot yang menahannya. Hal ini disebabkan  ketika bagian tubuh atau organ dalam mencuat melalui jaringan otot yang menahannya sehingga lemah. Gejala penyakit ini sering ditimbulkan seperti, bengkak dibagian yang terasa sakit, rasa sakit terus meningkat dan rasa sakit ketikan konstipasi.

5. Infeksi ginjal 

Infeksi ginjal adalah infeksi pada orga ginjal yang dapat menimbulkan gejala berupa munculnya darah atau nanah pada urine tersebut. Dan kelainan pada unrine akan membuat saluran kemih lebih rebtan terkena infeksi ginjal. Gejala pada penyakit ginjal yaitu demam, mual, muntah-muntah,dan buang air kecil terus-menerus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here