Tips Mengatasi Depresi Tanpa Obat

0
13

 

Tips Mengatasi Depresi Tanpa Obat

Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental diri yang mempengaruhi pola pikir, emosi dan tingkah laku. Gangguan ini membuat pola berfikir hidup tidak memiliki arti apa-apa lagi dan berdampak hilangnya gairah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bila tidak cepat ditangani depresi akan berdampak serius dan parah bagi penderitanya. Menangani masalah depresi memerlukan bantuan para medis dan psikolog, hal ini berguna untuk melihat masalah apa yang sebenarnya terjadi. Berikut tips mengatasi depresi tanpa obat:

  1. Meditasi

Salah satu cara untuk mengatasi depresi adalah dengan melakukan meditasi, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa meditasi bisa mencegah kambuhnya depresi. Dengan melakukan meditasi akan membuat anda merasa lebih tenang.

2. Atur Asupan Makanan

Makanan bisa juga mengatasi tingkat depresi, tetapi jangan sembarang pilih makanan.  Makanan yang mengandung selenium dan magnesium bagus untuk mengatasi depresi. Dan makanan yang mengandung gandum, kacang-kacangan, biji bunga matahari,biji labu dan cokelat itu sangat bagus dimakan. Untuk mengurangi gejala depresi anda harus rutin makan makanan yang mengandung selenium dan magnesium.

3. Berliburlah

Cara mengatasi gejala depresi adalah dengan sering pergi berjalan-jalan berlibur ke suatu tempat yang menurut anda sangat menyenangkan. Dengan pergi berlibur hati dan pikiran akan lebih tenang, nyaman, tentram dan bahagia. Berlibur ke tempat-tempat yang bisa dijadikan sarana mengurangi kadar stres saat bekerja.

4. Ringankan Bercerita Dengan Orang Terdekat

Depresi bisa muncul kapan saja, untuk meringankan depresi anda sebaiknya bercerita dengan orang terdekat seperti sahabat, teman dan keluarga anda. Dengan anda bercerita beban yang ada pada diri anda akan lebih berkurang. Bercerita merupakan salah satu untuk cara mengeluarkan energi yang negatif pada diri anda akibat gejala depresi.

5. Berolahraga

Olahraga yang rutin bisa menyehatkan badan anda, hal ini juga cara mengatasi gejala depresi. Lakukan olahraga rutin untuk menyehatkan badan di setiap pagi hari dan sore hari. Olahraga yang dilakukan tidak harus yang berat-berat, seperti berjalan kaki mengelilingi kompleks dan bisa juga melakukan joging ringan itu sudah sangat membantu mengurangi depresi.

6. Melakukan Kesenangan

Untuk mengurangi gejala depresi selanjutnya adalah melakukan hal yang membuat diri anda menjadi menyenangkan. Anda harus mencoba untuk mendapatkan aktivitas yang membuat anda senang kembali seperti, nonton bioskop, nongkrong dengan teman, dan pergi jalan-jalan sama teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here