Waspada Tetanus Pada Anak, Ini Cara Pengobatannya

0
29

Waspada Tetanus Pada Anak, Ini Cara Pengobatannya

Tetanus adalah salah satu penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri berbahaya. Bakteri tersebut bernama Clostridium tetani. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf. Gejala tetanus yaitu berupa serangan mendadak yang diakibatkan karena bakteri. Bagi penderita penyakit tetanus ini akan mengalami kesulitan membuka mulut. sebab disertai kejang-kejang dan kaku pata otot diseluruh bagian tubuh.

Penyebaran bakteri penyebab penyakit tetanus bukan melalui udara, melainkan bakteri yang masuk ke bagian luka yang terbuka. Penyakit tetanus ini jika tidak segera diobati akan menimbuklan komplikasi penyakit lain yang membahayakan nyawa bagi penderitanya. Maka dari itu apabila terluka dan muncul grjala tetanus, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk melakukan pengobatan tetanus dan perawatan agar tidak menimbulkan penyakit lain. Berikut beberapa cara pengobatan dari dokter, untuk mengatasi penyakit tetanus.

  1. Antitoxin

Antitoxin adalah sebuah antibodi dengan fungsi untuk menetralisir racun. Antitoxin pasti diproduksi oleh hewan, tumbuhan, dan bakteri. Meskipun antitoxin sangat berguna untuk menetralisir racun, antitoxin dapat membunuh bakteri dan mikroogranisme lainnya. Untuk mengatasi penyakit tetanus, dokter akan memberikan anda obat yang bernama tetanus immune globilin (TIG). Dengan obat ini dapat menetralkan racun-racun yang menyerang pada saraf tubuh.

2. Vaksinasi

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin melalui disuntikkan maupun diteteskan ke dalam mulut untuk meningkatkan produksi antibodi guna menangkal penyakit tertentu. Sedangkan, imunisasi merupakan proses dalam tubuh agar seseorang memiliki kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Dengan memberikan vaksinasi dapat mengatasi penyakit tetanus.

3. Antibiotik

Antibiotik adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri. Obat ini bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan bakteri berkembang biak di dalam tubuh. Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengatasi infeksi. Antibiotik dapar diberikan dengan cara diminum atau disuntikan. Dengan melakukan hal ini, dapat mengatasi penyakit tetanus bagi penderitanya.

4. Sedatif

Saat anda terkena tetanus, dokter akan memberikan jenis obat uang memiliki efek sedatif. Pemberian obat tersebut untuk mengontrol dan meredakan kondisi kejang pada otot. Biasanya pemberian obat ini berlangsung selama empat minggu. Obat ini adalah sebagai obat penenang dengan kandungan dosis yang cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here